Skip to main content

manfaat komputer dan kerugiaanya

-->
Pemanfaatan Komputer di Masyarakat

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan computer,tapi dilain pihak banyak pula dampak negative yang dakibatkanya.
      A. Manfaat Komputer
Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data, seperti :
1. Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
2. Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
3. Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
4. Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
5. Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
6. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
7. Penggunaan komputer dalam bidang industri.
8.banyak program aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam pekerjaanya.
9.Bisa dijadikan Media dakwah,dlll
       B. Pemanfaatan Komputer dalam Beberapa Bidang
1. Bidang Pendidikan
Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses belajar mengajar.
Adapun contoh pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan adalah :
a. Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
b. Untuk administrasi surat menyurat
c. Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
d. Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti :SILABUS, dan RPP
e. Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi pembelajaran
f. Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
g. Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran.
2. Bidang Industri
Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.
3. Bidang Ilmu dan Teknologi
a. Ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
b. Ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.
c. Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelajari keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.
4. Bidang Pemerintahan
Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT(Information and Communication Technology) . Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage dan communication.
Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek pemerintahan.
5. Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.
Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.
Dilain pihak computer juga memberikan dampak negative bagi masyarakat antara lain:
A.     .kecenderungan yang berlebihan terhadap kebutuhan computer.
B.     Ketergantungan akan teknologi computer,misalnya orang yang dah mendarah daging dengan computer atupun akan merasa tidak hidup apabila sehari saja tanpa ada computer disisinya,,,hal ini juga terjadi bukan hanya dengan computer tapi dengan alat elektronik lain misalnya,Hp,mp3,BB,dll,,,jika hal ini sudah terlalu parah sebaiknya pergi ke spekiater untuk menyembuhkanya.
C.     Mengacu pada dampak kedua tadi,orang yang mengalami ketergantungan akan teknologi computer akan merasa  dikucilkan dari dunia sosialnya yang nyata.
D.    Dampak kesehatan,Orang yang betah berjam jam didepan computer dengan mata yang focus kelayar akan lebih rentan terkena minus( hal ini bisa dicegah dengan memasang layar pelindung pada monitor )
E.     Dampak lain yang tak kalah berbahayanya yaitu pengunaan internet yang tidak bertanggung jawab.
F.     Merubah Aspek social masyarakat,dimana masyarakat lebih suka berkomunikasi lewat dunia maya ( fb,twit,skype,masengger,mig33,dll) dari pada berkomunikasi secara langsung

Jadi banyak manfaat positif yang ditawarkan computer untuk membantu pekerjaan dan penyelesaiaan pekerjaan diberbagai bidang yang ada dimasyarakat akan tetapi ada pula dampak negative yang didapat jika kita tidak mengerti bagaimana kaidah pemanfaatan computer secara baik dan benar,,,masyarakat dituntut untuk lebih bijak sana dalam memanfaatkan teknologi computer yang ada memperoleh keuntungan yang maksimum dari computer dan menekan dampak negative computer sekecil kecilnya.
 Artikel yang saya buat ini mengacu pada beberapa refrensi,,, semoga bermanfaat,,maaf ea kalau ada kekuranganya…Makasihhhh..salammm sukkkkkksesssss






Comments

Popular posts from this blog

Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas/Pasca Melahirkan

sumber : http://bundociara.blogspot.com/ BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masa nifas (puerpurium) adalah waktu yang dimulai setelah pla s enta lahir dan berakhir kira-kira 6 minggu. Akan tetapi seluruh alat kandungan kembali seperti semula (sebelum hamil) dalam waktu kurang lebih 3 bulan.   d i mulai dengan kehamilan, persalinan dan di lanjutkan dengan masa nifas merupakan  masa yang kritis bagi ibu dan bayinya. Kemungkinan timbul masalah dan penyulit selama masa nifas. Apabila tidak segera ditangani secara efektif akan membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian dan 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama. u ntuk  itu pemberian asuhan kebidanan kepada ibu dalam  masa nifas sangat perlu dilakukan yang bertujuan untuk  menjaga kesehatan ibu dan bayi, melaksanakan deteksi dini adanya komplikasi dan infeksi, memberikan pendidikan pada ibu serta memberikan pelayanan kesehatan pada ibu dan bayi. Selama masa nifas ibu akan mengalami berbagai perubah

Program Metode Numerik Posisi Palsu

Program Posisi Palsu Metode posisi palsu adalah suatu metode numeric yang paling tua untuk menghitung suatu persamaan. Metode ini disebut dengan metode posisi palsu karena akar sebenarnya terletak pada kurva yang menghubungkan titik-titik. Dalam hal ini saya tidak akan membahas lebih rinci tentang metode ini tapi lebih bagaimana mengimplementasikan metode ini kedalam sebuah program numeric untuk mencari suatu persamaan dengan menggunakan metode posisi palsu. Disini bahasa pemrograman yang akan digunakan adalah bahasa pascal. Pertama kita ketahui dulu algoritmanya ok… 1.       Memasukkan nilai a dan b 2.       Menentukan  f(a) dan f(b) 3.       Menentukan nilai w Dengan menggunakan rumus   4.       Menentukan nilai f(w) 5.       Menentukan nilai f(a) * f(w) Dengan ketentuaan jika nilai f(a) * f(w) > 0 maka a=w Tapi jika nilai dari f(a) * f(w) < 0 maka b=w 6.       Menentukan nilai dari | Wi+1 – Wi | Dengan ketentuan jika nilai > € maka ulangi proses

cara mengatasi keleletan di komputer

35 Tips Meningkatkan Kinerja Komputer   CARANYA : 1.  Gunakan "DISK CLEANUP" Windows untuk membersihkan Drive dari file-file yang tidak diperlukan lagi.     ->Tekan WINKEY + R atau Klik START-RUN     ->Ketikkan "CLEANMGR"     ->Pilih Drive yang akan di-cleanup     ->Lakukan hal yang sama untuk semua Drive anda 2.  Cari file-file temporary yang tidak terpakai lagi menggunakan fasilitas "SEARCH" Windows.     ->Pilih "All Files And Folders"     ->Aktifkan "Search Hidden Files And Folders"     ->Ketikkan "TMP" atau extension temporary file lainnya pada bagian "All Or Part Of The File Name"     ->Klik "SEARCH" lalu hapus file-file yang ditemukan 3.  Melakukan Defragment pada Drive     ->Tekan WINKEY + R atau Klik START-RUN     ->Ketikkan "Defrag C:"  [perintah untuk men-defrag drive C: secara Commandprompt]     ->Atau klik START - ALLPROGRAMS - ACCSESO