Skip to main content

Salah Satu alternatif Energi

Penggunaan Energi Gelombang Laut Untuk Energi Masa Depan


Pembangkit Listrik
Seluruh kehidupan manusia didunia tidak terlepas dengan memanfaatkan energi. Mulai dari energi fosil baik penggunaan minyak bumi maupun batu bara maupun energi terbarukan seperti energi air, energi matahari maupun energi angin. Namun negara tercinta kita, Indonesia hanya mampu memanfaatkan energi fosil. Dengan berjalannya waktu, lama kelamaan energi tersebut juga akan habis dan dampaknya negara kita akan terkena krisis energi.
Dengan memaanfaatkan energi terbarukan, kita dapat mencegah krisis energi. Kenyataannya di Indonesia penggunaan energi terbarukan belum dapat maksimal. Terlihat dari penggunaan BBM(Bahan Bakar Minyak) yang mendominasi dibandingkan menggunakan energi terbarukan seperti energi matahari maupun energi tumbuhan.


Turbin pembangkit listrik
Turbin pembangkit listrik yang memanfaatkan gelombang laut
Adapun contoh beberapa energi terbarukan seperti energi angin, energi uap, energi bumi, serta energi gelombang laut. Namun dari semua energi terbarukan tersebut, energi gelombang lautlah yang jarang terekspos oleh media. Padahal energi gelombang laut mampu menghasilkan lisrik hingga 500 kWh.
Di negara lain seperti Jerman maupun Inggris sudah memanfaatkan energi tersebut sejak abad 18. Pada tahun 1940-an peneliti Jepang Yodhio Masuda memanfaatkan energi tersebut untuk menghasilkan listrik dan mendistribusikannya ke rumah-rumah. Pembangkit listrik gelombang laut dikembangkan juga di benua Australia tepatnya dilepas panpatai Australia Selatan. Dari Pemanfaatan energi tersebut, Australia dapat mendistribusikan listrik sekitar 500 rumah yang berada di daerah Selatan Sydney, Australia.
Selain itu pemanfaatan energi gelombang laut juga ramah lingkungan, tidak seperti BBM yang menimbulkan polusi udara. Namun memang tidak dipungkiri bahwa pengadaan alat untukn merealisasikan pembkait listrik tenaga gelombang laut memang mahal dan sangat sulit perawatannya.Sehingga negara harus membayar orang luar negeri untuk mengoperasikan alat tersebut.
Di Indonesia sendiri pemanfaatan energi gelombang laut belum dilakukan. Padahal Indonesia mempunyai laut yang luas, dari laut yang berombak kecil, sedang dan besar ada di Indonesia.
Prinsip kerja teknologi tersebut adalah mengkonversi energi gelombang laut menjadi energi listrik dengan cara mengakumulasi energi gelombang laut untuk memutar turbin generator. Oleh karena itu pemilihan tempat
Untuk itu perlu penelitian lebih lanjut tentang pembangkit listrik tenaga gelombang laut ini sehingga di masa depan Indonesia tidak mengalami krisis energi karena kehabisan energi fosil.
Penulis : Ahmad Setiyawan Iskandar

Comments

Popular posts from this blog

Program Metode Numerik Posisi Palsu

Program Posisi Palsu Metode posisi palsu adalah suatu metode numeric yang paling tua untuk menghitung suatu persamaan. Metode ini disebut dengan metode posisi palsu karena akar sebenarnya terletak pada kurva yang menghubungkan titik-titik. Dalam hal ini saya tidak akan membahas lebih rinci tentang metode ini tapi lebih bagaimana mengimplementasikan metode ini kedalam sebuah program numeric untuk mencari suatu persamaan dengan menggunakan metode posisi palsu. Disini bahasa pemrograman yang akan digunakan adalah bahasa pascal. Pertama kita ketahui dulu algoritmanya ok… 1.       Memasukkan nilai a dan b 2.       Menentukan  f(a) dan f(b) 3.       Menentukan nilai w Dengan menggunakan rumus   4.       Menentukan nilai f(w) 5.       Menentukan nilai f(a) * f(w) Dengan ketentuaan jika nilai f(a) * f(w) > 0 maka a=w Tapi jika nilai dari f(a) * f(w) < 0 maka b=w 6.       Menentukan nilai dari | Wi+1 – Wi | Dengan ketentuan jika nilai > € maka ulangi proses

Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas/Pasca Melahirkan

sumber : http://bundociara.blogspot.com/ BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masa nifas (puerpurium) adalah waktu yang dimulai setelah pla s enta lahir dan berakhir kira-kira 6 minggu. Akan tetapi seluruh alat kandungan kembali seperti semula (sebelum hamil) dalam waktu kurang lebih 3 bulan.   d i mulai dengan kehamilan, persalinan dan di lanjutkan dengan masa nifas merupakan  masa yang kritis bagi ibu dan bayinya. Kemungkinan timbul masalah dan penyulit selama masa nifas. Apabila tidak segera ditangani secara efektif akan membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian dan 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama. u ntuk  itu pemberian asuhan kebidanan kepada ibu dalam  masa nifas sangat perlu dilakukan yang bertujuan untuk  menjaga kesehatan ibu dan bayi, melaksanakan deteksi dini adanya komplikasi dan infeksi, memberikan pendidikan pada ibu serta memberikan pelayanan kesehatan pada ibu dan bayi. Selama masa nifas ibu akan mengalami berbagai perubah

Program pascal Setengah Interval

Program Setengah interval Semester tiga saya mendapatkan pelajaran yang namanya metode numeric distu disuruh membuat  program untuk menyelesaiakn sebuah soal yang menggunakan metode setengah interval ada banyak pilihan untuk membuat program ini tapi kali ini saya memilih bahasa pascala dalam membuat program ini : Berikut algoritma utuk membuat program setengah interval yang pada intinya sama meski menggunakan berbagai bahasa pemrograman: 1.       Masukan nilai a0 dan b0 2.       Baca persamaan yang berisi f (x) 3.       Interval atau taksiran awal atau w0 dapat dihitung dengan rumus  w0=a+b/2 4.       Jika f(a).f(b) kurang dari (<) 0 maka b=w 5.       Jika nilai f(a).f(b) lebih dari (>) 0  maka a=w 6.       Jika |b-a| <= 0 maka akarnya adalah w Jika nilai |b-a |>=0 maka ulangi langkah kedua